Palu Ngataku, Palu Tanahku




                Kota Palu merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. Palu berbatasan dengan Kabupaten Donggala di sebelah barat, Kabupaten Sigi di sebelah selatan dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah timur. Kota Palu dilewati oleh garis khatulistiwa, oleh sebab itu Palu menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Total tahun 2016 silam.  Kota Palu disebut sebagai kota 5 dimensi karena terdiri atas lembah, lautan, sungai, pegunungan dan teluk. 

                Selain terkenal dengan sebutan kota 5 dimensi, Palu juga merupakan salah satu kota yang mempunyai curah hujan paling rendah di Indonesia :’) karena hal itulah cuaca di Palu sangat panas *banget* . Orang-orang Palu jika ingin keluar di siang hari pasti mereka mager (orang palu can relate this :v). Namun di Palu lumayan berangin, tetapi sama aja karena anginnya panas -.-

                 Palu juga mempunyai Jembatan iconic, yang bernama Jembatan Ponulele atau Jembatan IV Palu. Jembatan ini menjadi jembatan lengunkung pertama di Indonesia dengan warna ciri khas kota Palu atau Sulawesi Tengah yaitu kuning. Selain itu ada juga Masjid Apung, dinamakan masjid apung karena masjid ini di bangun diatas permukaan air dan memiliki arsitektur yang minimalis. Masjid dan jembatan ini sangat indah ketika di malam hari.  Namun, jembatan dan masjid ini tinggal kenangan karena sudah hancur dihantam tsunami pada tanggal 28 September 2018 L (gambar masjid apung). 

Masjid Apung sebelum gempa
Masjid Apung setelah gempa

Jembatan Ponulele setelah gempa

Jembatan Ponulele sebelum gempa





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknologi dan Zaman Now

All about Telkom University

Gimana rasanya tinggal di asrama World Class University ?

Serba-serbi Teknik Elektro